May 02, 2013

Trip to my second hometown.

Sawasdeekha. Sekarang gue mau nyeritain waktu kemarin liburan singkat pulang ke kampung saya yang kedua yaitu Krungthep Mahanakorn a.k.a Bangkok. Sebelumnya, This post is dedicated to beberapa teman yang excited banget pengen tau gimana bkk. :)


Yeah lima tahun dulu tinggal di sana dari kelas 2 sd sampe 1 smp membuat banyak kenangan tumbuh di sana eaa #apadeh. sebelum nya lumayan terkejut karena tiba-tiba bokap nelfon bilang "Karena kamu sudah 17 tahun.  Ke Bangkok sendiri ya. Sekarang cari tiket. Berani gak?" Yeaaaah tentunya berani sekali dong gue jelas ga nolak. It's a piece of cake challenge, Dad:p gue seneng banget ini yang gue tunggu-tunggu. Soalnya pas juga lagi libur paskah agak lama hampir seminggu. Setelah bokap telfon itu, gue seneng banget karena udah lama banget ga kesana dan terakhir pas pindahan ke Indonesia doang tahun 2008. Terus udah deh, belom kesana-sana lagi, tapi akhirnya kesana lagi juga! :)

Jadi gue rencana berangkat tanggal 30 maret nya, hari Sabtu. Akhirnya dapet tiket juga, tapi sampe sana bkk malem jam 9 kurang gitu dan dapet tiket dari Jogja ke Jakarta nya jam 6 pagi jadi sampe Jakarta jam 7 pagi. Terus gue nunggu dari jam 7 pagi sampe jam 3 sore di Bandara. Hahaha gue kaya anak ilang kesana kemari sendiri tapi gue suka banget tantangan ini bahahaha. Karena gue naik Air Asia jadi harus ke terminal 3 dulu naik free shuttle bus itu. Dan yeah.. gue kaya anak ilang, bawa tas gede-gede dan sendiri lagi.


And suddenly my mom called me dan BAD NEWS! Bude akhirnya mau ikut juga ke Bangkok. Yah rencana travelling alone murni 100% sendiri jgj-jkt-bkk-jkt-jgj nya gagal deh. Pas bude lagi di Jakarta pula abis umroh. dan dia ke airport mau mepet-mepet sekitar jam 3 an sore gitu. Ya sudah berarti gue masih sendiri dari pagi sampe sore di bandara. Setelah sampe terminal 3, duduk sendirian kaya anak kecil gitu di depan terminal 3 sampe orang-orang pada ngeliatin gitu ampun deh. Ternyata ada Tante Yuli dan Om Deddy mau menemani saya berbincang-bincang menunggu waktu sampai jam 3, kami juga makan siang bersama dahulu :D

Di tengah-tengah menunggu sore tiba, dapet telfon lagi dari Ibu dan bilang kemungkinan bude gak jadi ikut.. WOOHOOOOO seneng banget nih dengernya akhirnya kesana sendiri tanpa ditemani bisa tercapai. Eh tapi se jam kemudian bude telfon, ternyata bude jadi adeeeeh apa apaan ga jadi seneng lagi

Karena udah jam 3 an gitu, gue mau check in dan yeah ketemu bude, di sini anggap saja bude juga sesama penumpang jadi saya masih bisa merasakan kalau saya sendirian :p okay udah ga kerasa udah hampir jam 4, flight nya jam 5 kurang. Yang di pikiran gue waktu itu.. "Bangkok! Here I come!! I miss you so much!! And of course I can't wait to see my older sister!!" Udah 1,5 tahun gak ketemu Banana (Her real name is Brina but i usually call her mba na or banana). tahun kemaren dia ga liburan ke Indonesia soalnya :(



Dalam perjalanan ke BKK, suasana thai nya udah ada. Banyak orang thai juga yang di duduk deket samping gue. Ngomong bahasa thai dikit-dikit sama mereka untuk mengingat-ngingat. Aaaaa ini membuat saya ga sabar pengen cepet-cepet sampe. Di perjalanan 4 jam ga bisa tidur. Paling cuma main game dan dengerin lagu. Ga kerasa tiba-tiba udah sampe AND I SAW BANGKOK CITY LIGHTS ♥. Alay biarin. Kangen banget nih lol :')




Karena pake Air Asia, jadi gue mendarat nya di Don Mueang, bukan di Suvarnabhumi. Wah nostalgia sekali yah, Don Muang ini airport pertamanya kota Bangkok. Tapi tahun 2006 akhir-akhir Airport Bangkok di pindah ke Suvarnabhumi, Jadi dulu tahun 2003 pas pertama kali pindah ke bkk airport nya masih Don Mueang. Don Mueang ini khas sekali baunya kayanya dari dulu sampe sekarang masih kaya gini-gini aja

Kenapa Don Muang sekarang khusus untuk penumpang Air Asia saja? Jadi begini ceritanya. Yang kaya tadi gue bilang, Airport Bangkok di pindah ke Suvarnabhumi waktu tahun 2006 akhir (bulan september). Jadi Don Muang kaya semacam udah ga di pake. Karena penumpang Air Asia banyak banget di Suvarnabhumi, jadi khusus untuk Air Asia, dipindah ke Don Mueang. Jadi Don Mueang di pake lagi deh untuk Air Asia :D Gak cuma air asia juga sih, Ada pesawat thai juga yaitu Nok Air dan Orient Thai.

                Sampe sana di sambut hal ini sama Mba Na.





Kalo di Thailand, di sambut bunga kaya gitu itu, artinya nyambut orang penting :)) gue sampe ngakak waktu ngeliat kakak gue tiba-tiba ngasih bunganya itu.

Perjalanan ke Apartment, mendengarkan kakak dan supir taksi bercakap-cakap dengan bahasa thai. Speechless.. actually i don't know what were they talking about :)) ngerti sih tapi dikit-dikit doang. Intinya sih kakak gue cerita kalo dia lagi jemput adeknya dari Indonesia. Terus gue juga ngobrol dikit sama supir taksinya begini:

                Pak Taksi: Phut phasa thai dai mai khrab? ( Bisa bahasa thai?)
                Me: Dai kha.. Nit noi.. (Bisa. Sedikit-sedikit)
                Pak Taksi: Kidtheung krungthep laew, lor? (Sudah kangen bangkok ya?)
                Me : Kha kidtheung mak mak.. (Iya kangen sekali)
                Pak Taksi:  yuu ki pee leaw khrab? (sudah berapa lama dulu tinggal di sini?)
                Me: Ha phi laew kha. ( Sudah 5 tahun)

Hahaha percakapan sederhana itu bikin gue geli sendiri dan pastinya bikin gue seneng banget hahaha. Sampe apartment, langsung makan Khao Man Gai :9


Khao Man Gai ini nasi hainan (35 baht; RP 10.500) tapi kalo khas sana emang enak banget apalagi saosnya. :9

Dari kejauhan gue liat Indonesian Embassy OMG kangen banget.. SIB (Sekolah Indonesia Bangkok), sekolah gue dulu apa kabar yaaa?:3

Malem pertama di bkk ga bisa tidur. Cerita-cerita mulu sama mba na terlalu excited gitu :| terus akhirnya tidur jam setengah 3. Bangun-bangun udah jam 8 dan gue solat subuh jam segitu juga :|

Mengawali hari dengan jalan di sekitar pratunam, terus ga lupa ke platinum juga! Itu tempat-tempat belanja yang murah sekali :3 Di sana gue pusing banget banyak yang lucu-lucu dan murah sekali lagi harganya stress sendiri rasanya pengen beli semuanya tapi gak mungkin dong ya :( sudah lelah berbelanja sedikit dan muter-muter liat baju dan barang-barang yang lucu-lucu, lalu kami duduk sejenak sambil merasakan kesegaran cha nom khai muk (bubble tea cha yen, thai tea) di jogja ada sih Calais dan lain lain tapi pastinya lebih enak disana:3

Setelah muter-muter dan makan, kita jalan lagi, naik BTS (skytrain) ke Saphan Taksin. Itu  kita berhenti di Saphan Taksin untuk ke Chao Phraya nyebrang pake kapal gitu gratis ke Asiatique! Yeah Asiatique! 













This is my favorite place, tempat perkumpulan cafe-cafe gitu dan seperti suanlum night bazaar jaman dulu di bangkok sekarang udah ga ada tapi ini lebih rapi dan cantik sekali tataan nya. Ah suka sekali tempat ini. Bagus banget buat foto-foto. Gue juga nemu toko ukulele lucu-lucu. Pas lagi sale pula ukulele nya. Terus tiba-tiba bude bilang pengen beliin ukulele untuk hadiah ulang tahun huahaha. Okay akhirnya gue milih ukulele 'Mahalo' (brand ukulele) berwarna bendera Jerman. :)



Ga kerasa udah jam 10 malem. Terus kita pulang udah cape banget ga kuat jalan. Mau naik taxi tapi supir taxi nya pada ga mau semua karena udah macet dan tempat kita jauh dari situ. Ya sudah Tuhan berkata lain kita memang harus jalan biar sehat :| kita pulang balik ke saphan khwai menaiki kapal gratis lagi balik, dan kita naik skytrain dari Saphan Taksin ke Ratchathewi (dekat-dekat apartment kami, di dekat petchburi road) Dari stasiun skytrain ratchathewi ke Apartement ini kita harus jalan sekitar 1 KM. kita sudah ga kuat jalan. Akhirnya dari situ naik tuk tuk ke apartment (50 baht;Rp15.000). Sampai apartment kita jam 11 an. Gak kerasa udah jalan dari pagi sampe jam 11 malem. Wah lelah sih tetapi menyenangkan :]

kapal fasilitas dari Asiatique balik ke Saphan Taksin 


Chao Phraya


Saphan Taksin, BTS station, Skytrain.


inside the skytrain.


Hari berikutnya gue agak ga enak badan gitu, suara agak serak dan tenggorokkan sakit sekali ada badnews lain lagi pula sebelum mulai jalan. Waktu gue mau mindahin foto-foto yang di Asiatique ke laptop tiba-tiba yang muncul 5 foto doang HUAAAAA MEMORY CARD CAMERA NYA ERROR! Dan dodolnya lagi dari memory card ke laptop, gue mindahinnya di cut-paste bukan copy-paste. Sedih banget maaaan foto-foto yang bagus-bagus ilang semuaaa tapi gue berusaha tegar dan Mba Na menghibur dengan mengajak ke Asiatique lagi besok. Eh tapi ternyata Mba Merry (temen kakak gue) menyarankan untuk mencoba download "recuva" aplikasi yang bisa mengembalikan foto-foto yang ke delete, kembali lagi! :3 akhirnya beberapa foto kembali tapi kebanyakkan yang bagus nya ga bisa ke baca.. sedih bangeeeeet:| tapi gapapa lah seenggaknya ada beberapa yang muncul. Akhirnya ga usah buang-buang waktu ke Asiatique lagi deeeh huahaha.

Kita ke Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) ! :3 sekolah saya jaman dahulu. Waktu masuk awal gerbang Indonesian Embassy satpam masih inget bilang "Ohoi Lintang sudah besar ya. Sekarang suay mak mak dulu masih dek-dek kecil sekali" (suay mak-mak: cantik sekali; dek-dek: anak-anak) hahaha eaa geer gue di bilang suay hahaha lupakan. Terharu man beliau masih inget sama gue. Pas baru jalan depan sekolah udah ada suara Pak Soleh (Guru SIB) "Lintaaang!" dan saya kaget wah pak soleh masih ingat ya hehehe.  Terus ke dalem dan di Sekolah ketemu banyak guru-guru (Pak Didid, Bu Endang, Bu Agustina, Bu Intan dan Tante Erna) adik kelas yang dulu belum sekolah sekarang udah pada gede-gede, dan temen - temen sepantaran yang dulu sering main bareng (Shinta, Haris, Reza, Abid) dan lainnya. Kangen banget!

bude, bu endang, shinta, pak didid, me, bu agustina, tante erna ;)


me, bu Intan, Nadia, Bude :)


Adik adik yang dulu masih kecil sekarang sudah besar-besar. :')


Anak SIB (actually I don't know his name teehee), Pak Surat, Abid, Me! :)


Sayangnya di SIB Cuma sebentar kita langsung lanjut jalan lagi ke Jim Thompson (semacam butik batiknya thailand). Setelah dari Jim Thompson ke Terminal 21 yaitu mall yang setiap lantainya beda-beda negara. Di situ ke Tao Kae Noi Land dan beli Tao Kae Noi buat oleh-oleh temen-temen tercinta di jogja:3 terus di Terminal 21 ketemu temen sekolah yang sedang liburan! Bisa banget ya haha. Ini foto-fotonya selama perjalanan. Oiya di perjalanan kita juga beli duren! :9

Durian! :9


Nunggu Skytrain

here is the skytrain!


tao kae noi land, terminal 21


jembatan Siam Paragon-Petchburi Road :')

Udah hari Selasa,  kita ke Airport nganter bokap pulang ke Indo. Bokap memang pas lagi ada kerjaan di bkk tapi berangkat lebih dulu dari gue dan pulang lebih cepet dari gue. Kita ke Airport Suvarnabhumi karena belom nyobain city line, yaitu kereta yang ke Suvarnabhumi, gue coba naik itu. Dari Apartment naek tuk-tuk ke Phaya Thai (60 baht; Rp18.000) dan di Phaya Thai naik kereta 45 Baht (Rp 13.500)per orang! Murah banget biasanya kalo ke Airport naik taksi itu udah sampe 200/300 baht-an. Ya kita memang 3 orang sih 45x3=135 Baht seenggaknya lebih terjangkau kan?:3



1000 baht = 300.000 rupiah #fyi



Di airport kami makan siang, numpang solat dan lain-lain. Airport di sana mah kaya mall jadi ga bosen kalo mau muter-muter bahahaha gue jadi inget jaman dulu pas masih tinggal di sini, kan Suvarnabhumi baru buka dan kita waktu bulan puasa ngabuburit di sana sama bokap nyokap. Geli sih dengernya ngabuburit di Airport:)) oiya yang belum tau, Suvarnabhumi Airport ini nyaingin Changi. Katanya sih. Googling saja untuk ingin lebih tahu:))

Setelah ke Airport, kita ke Siam Square tempat hangout anak gaul bkk :)) ini juga termasuk tempat favorit gue. Di sini banyak yang lucu-lucu!!!







Abis itu kita makan di MK restaurant! Waaaah sudah kangen sama roasted duck nya nih :9 ini enak banget.



Roasted Duck, MK Restaurant. :9



Setelah itu pulang. Badan udah lemes dan suara makin berat. Tapi semangat untuk jalan-jalan masih ada. Karena ga di bolehin jalan-jalan lagi sama BUDE jadi pulang deh. Kalo ga ada bude sih gue masih jalan-jalan lagi kali sama banana huahaha. Gue langsung tepar dan lemas tak berdaya sial banget kenapa harus sakit yaa. Padahal hari itu kesempatan terakhir untuk jalan-jalan asik lagi. Karena ga kerasa besok nya udah hari Rabu aja. Besok Rabu sore nya pulang:(

Besok nya ga kemana mana. Mba Na jalan sendiri sama bude pagi-pagi gue cuma tidur di kamar dan ga bisa nafas karena flu berat. Bangun-bangun udah jam 8 an. Terus packing karena inget sore ini udah harus balik ke Indonesia. Ah males banget balik :( terus gue tidur lagi ga kerasa udah jam 2 siang. Great. Mba Rima (temen mbana) dateng karena selama di sana kita belum bertemu. Langsung ngelanjutin packing lagi dan... bawaan gue banyak sekali. Udah kaya orang pindahan. Soalnya barang-barang dulu pas tinggal di sana masih banyak yang belum di bawa ke Indonesia. Ya udah nyicil bawa buku-buku, boneka porcelain, dan barang-barang jaman dulu. Ya sudah packing sampai pusing. Terus ga kerasa udah jam 4!!!!! Buru-buru siap-siap dan pergi ke Airport! :|

Dengan perasaan sedih di dalam taxi mikir kayanya baru kemaren sampe bkk tapi ternyata sekarang udah mau pulang ajeee. Sedih banget man. Kayanya kurang lama deh di BKK nya. Yaudah deh gue akhirnya balik. Dan sampe Jakarta jam 00.05 dini hari. Bude langsung ke rumah sodara yang di deket Soetta untuk ambil barang-barang yang di titipin di sana. Dan gue? Nunggu sendirian di Soetta, Terminal 3 makan mie gajah mada sendirian pagi-pagi dini hari di liatin orang-orang. Nice. Gue harus nunggu lagi karena gue dapet tiket yang ke jogja jam 5 pagi. Dan ternyata delay jadi sampe jogjanya jam setengah 8. Padahal niatnya kalo sampe jogja jam setengah 7 gue mau sekolah loh huahahaha (anak rajin B-) ) tapi sayangnya sampe jogja nya jam 8. Gue juga lagi sakit sih waktu itu. Mana belom tidur sama sekali :|

Sampe jogja sedih. Tapi seneng juga ketemu ibu dan eyang:3 Aduh pokok nya harus ke Bkk lagi nostalgia sama keluarga nih!! Atau sama temen-temen juga gapapa deh! :3 Amin-Amin.

Yeah itu cerita gue waktu nostalgia kemaren ke bkk. Menyenangkan sekali tetapi sayangnya kurang lama. Ya sudah lah semoga bisa balik lagi. :( Okay itu saja ceritanya. Semoga kalian yang baca terhibur dan dapet info sedikit-sedikit tentang bkk.
Before (sama om Endy) and After


Kopkunkha! : )
Tanglin

No comments:

Post a Comment